Jumat, 30 Juni 2017

Membuat ketupat (Lebaran Ketupat)

Assalamualaikum Wr. Wb.
                Masih dengan tema masak-memasak, mumpung lagi semangat buat nulis dan ngepost hari ini juga jadi bikinlah artikel ini tentang masak ketpat sayur. Hari ini bertepatan dengan hari raya ketupat di lebaran hari ke 8. Tradisi di kampung saya biasa membuat ketupat pada hari raya kupatan sebagai tanda syukuran dan telah melewati ramadhan dan syawal yang mana selama 6 hari di sunnahkan untuk berpuasa. Sebagai bentuk syukur dibuatlah ketupat sebagai bentuk rasa syukur selepas puasa syawal.
Ketupat biasanya didampingi oleh lauk pauk dan sayur lodeh . oleh karena itu, kali ini saya akan sedikit membagi pengalaman membuat ketupat dalam artikel ini.  Pertama tentu saja kita membutuhkan janur untuk membuat wadah ketupatnya. Kalian bisa membuat sendiri ketupatnya atau membeli yang sudah jadi dipasar bila belum bisa membuatnya sendiri. Atau mungkin bisa melihat tutorialnya di yutube dan membuatnya agaer lebih ekonomis  sehingga cukup membeli janurnya saja.


Bahan dasar yang diperlukan untuk membuat ketupat tentu saja adalah beras. Beras yang akan di gunakan dicuci bersih terlebih dahulu dan direndam  beberapa menit. Setelah itu masukkan beras tadi ke dalam ketupat hingga separuh bagian wadah ketupat terisi. Lakukan keseluruhan hingga semua wadah ketupat terisi oleh beras yang telah direndam tadi.


Setelah terisi semua, rebus ketupat dalam air mendidih selama 3-5 jam. Semakin lama merebusnya semakin baik hasil ketupatnya dan lebih awet.  Selama merebus  jangan lupa lakukan pengecekan ketupat apakah sudah menjadi lontong atau tidak.  Setelah matang, sajikan ketupat dengan lauk pauk seperti sayur lodeh yang bisa dibaca dalam laman ini https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2635514498940310393#editor/target=post;postID=2674863561696385862;onPublishedMenu=overviewstats;onClosedMenu=overviewstats;postNum=0;src=postname Selamat mencoba. 


Wassalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar