Rabu, 29 Agustus 2012

Pekerjaan paruh waktu? okke :)


Pekerjaan Sampingan Di Luar Sekolah

Dalam dunia pendidikan pelajar, terkadang kita mendengar kegiatan di luar sekolah berupa pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan itu sendiri merupakan kegiatan di luar sekolah yang dilakukan secara rutin/terjadwal, ada penanggung jawab (pimpinan/kepalaintansi/bos) atau kegiatan yang bersifat wirausaha yaitu memproduksi barang/jasa yang dikelola sendiri.dari kegiatan tersebut seseorang bisa mendapatkan penghasilan atau penghargaan berupa uang. Jenis pekerjaan tersebut misalnya :
-        Mengajar TPQ/TPA
-        Mengajar  Les
-        Mengajar Ekstrakulikuler di sekolah lain
-        Bekerja di bengkel
-        Bekerja di toko
-        Berdagang
-        Wirausaha : membuat souvenir, memproduksi makanan, dll.


TIM smesta MAN Kota Probolinggo 2 bermaksud untuk menganalisa dan mencari data tentang siswa-siswi MAN 2 Kota Probolinggo 2 yang memiliki Pekerjaan sampingan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa-siswi yang memiliki pekerjaan sampingan.  Dam dari angket yang telah kami sebarkan, kami memperoleh data sebagai berikut :

-         Sejak kapan anda memiliki pekerjaan sampingan?
= >  kebanyakan dari mereka mulai memiliki pekerjaan sampingan ketika SMA dengan data sebagai berikut
o   SMP :36%
o   SMA : 64%

-        Bagaimana asal mula anda bekerja?
= > Dari pertanyaan di atas terdapat berbagai macam kesimpulan dari mereka. Ada yang hanya mencoba-coba, karena prestasi, membantu orang tua, atau bahkan berawal dari ketidaksengajaan.

-        Dimana tempat anda kerja?
= > Beberpa dari mereka bekerja di rumah sendiri dan ada pula yang melakukan kegiatan di luar sekolah ini di tempat-tempat tertentu sesuai dengan profesi/jenis pekerjaan sampingan yang mereka geluti.

-        Kapan anda melakukan kegiatan tersebut?
= >  kebanyakan dari mereka menyisikan waktu mereka pada sore hari. Tetapi ada pula yang melakukan kegiatan ini hanya pada waktu tertentu saja. Atau tergantung waktu luang yang mereka miliki.

-        Apakah anda mendapatkan upah?
= > dari data yang kami sebarkan kepada responden, rata-rata mereka mendapatkan upah / gaji dari pekerjaan sampingan yang mereka lakukan. Meskipun ada beberapa diantaranya yang tidak mendapatkan upah.

-        Berapa jam sehari waktu yang diluangkan untuk kegiatan tersebut?
= > rata-rata dari mereka menyisikan waktunya di waktu luang antara 2-4 jam sehari. Meskipun ada beberapa diantara mereka yang bekerja hingga di atas 5 jam dalam sehari.


-        Bagaimana anda mengatur jam kegiatan itu dengan sekolah?
= > mereka menggunakan waktu kegiatan sampingan itu pada waktu luang. Biasanyta kebanyakan dari mereka melakukan kegiatan ini pada sore hari setelah pulang sekolah. Dan mereka mengatur waktu kegiatan di luar sekolah itu sedemikian rupa sehingga kegiatan tersebut tidah mengganggu sekolah mereka.

-        Apa tanggapan teman dan keluarga anda  tentang kegiatan tersebut?
= > ada berbagai pendapat tentang tanggapan keluarga danteman mereka yang kebanyuakan dari mereka mendukung kegiatan di luar sekolah tersebut.  Dan ada pula yang hanya bersikap biasa-biasa saja dengan data

·       Mendukung : 82 %
·       Biasa saja : 18%

Memiliki pekerjaan sampingan merupakan suatu prestasi dan kebanggaan tersendiri. Karena dengan begitu mereka dapat belajar mandiri dan mengerti akan kehidupan dunia kerja. Dan kita patut bangga dan turut mendukung kegiatan tersebut. Jadi gak perlu malu lagi dong buat menjalankan Kerja paruh waktu dengan memanfaatkan waktu yang kita miliki. Bukan begitu sobat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar